Penyuluhan Dampak Kabut Asap dan Jajanan Sehat

posted in: Berita | 0

Untuk memberikan pengetahuan dan penjelasan tentang kabut asap yang akhir-akhir ini melanda kawasan Sumatera Selatan, khususnya di Lingkungan PT. Tanjungenim Lestari, bertempat di Auditorium SMP Lematang Lestari diadakan penyuluhan dampak kabut asap terhadap kesehatan dan jajanan sehat kepada seluruh peserta didik SD dan SMP Lematang Lestari. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ibu Shintaliya dari YPTel, Bpk. RA. Najamuddin, Bpk. Muslim dari jajaran Manajemen PT. TEL dan dewan guru SD dan SMP Lematang Lestari.

Pemateri dalam penyuluhan ini disampaikan oleh dr. H. Ary Budiman CH.t dari Klinik Pertamedika dan Bpk. Ir. Rahmadi dari Divisi Safety PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper. Dalam materinya Bpk. Rahmadi menyampaikan bahwa kabut asap yang terjadi akhir-akhir ini diakibatkan oleh terbakarnya beberapa kawasan hutan dan lahan yang beberapa daerah di Sumatera Selatan dan disekitar wilayah PT. Tel PP.

Setelah itu juga dr. H. Ary Budiman juga menyampaikan bahwa dampak yang bisa ditimbulkan oleh kabut asap terhadap kesehatan antara lain :

1.    ISPA  / Acute Respiratory Infection

2.    Iritasi Mata / Eye Irritation

3.    Iritasi Kulit / Skin Irritation

4.    Alergy / Allergy

5.    Sesak Napas / Breathing Problem

Untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan sebaiknya dilakukan hal-hal sebagai berikut :

1.    Mengurangi aktivitas di luar rumah

2.    Menggunakan masker

3.    Minum banyak air putih

4.    Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

5.    Melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

6.    Istirahat yang cukup

7.    Segera berobat bila mengalami gangguan kesehatan

Kepada peserta didik juga disampaikan mengenai jajanan sehat agar terhindar dari segala penyakit yang bisa ditimbulkan oleh jajanan yang tidak bersih dan tidak higienis. Pada kesempatan itu juga secara simbolis dilakukan penyerahan dan pembagian masker kepada seluruh peserta didik SD dan SMP Lematang Lestari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.