• Jpeg
  • Jpeg

Study Outdoor ke Green Corner Hidroponik dan Gramedia World Palembang

posted in: Berita | 0

Dalam memberikan pembelajaran secara langsung kepada peserta didik SMP Lematang Lestari, pada hari Rabu, 26 Oktober 2016, seluruh peserta didik kelas IX SMP Lematang Lestari mengadakan kegiatan pembelajaran luar kelas (Study Out Door) ke dua tempat yaitu Green Corner Hidroponik dan Gramedia World Palembang.

Ada beberapa alasan mengapa kegiatan pembelajaran luar kali ini memilih kedua tempat tersebut, diantaranya adalah agar peserta didik dapat belajar secara langsung kepada para ahlinya. Selain itu juga agar peserta didik mendapat pencerahan tentang wirausaha. Kegiatan pembelajaran luar kelas ini didukung oleh para orang tua dan Komite Sekolah.

Kegiatan yang diawali dengan keberangkatan dari sekolah pada pukul 06.00 WIB ini menuju tujuan dengan menggunakan empat bus pariwisata ini berjalan lancar dan selamat hingga tujuan. Tujuan pertama adalah Green Corner Hidroponik yang beralamat di Jalan Meriam Sekip Ujung Palembang. Tiba di tujuan pertama ini pada pukul 09.30 dan disambut langsung dengan sangat antusias oleh pemilik Green House Hidroponik Bpk. Adhi beserta keluarga dan teman-teman. Setelah istirahat sejenak, kegiatan pembelajaran langsung dimulai dengan sambutan dari bpk. Adhi selaku pemilik kebun hidroponik ini. Dalam sambutannya Bapak Adhi menyambut baik kedatangan kami dan akan memberikan pengetahuan beliau tentang hidroponik. Beliau mengharapkan kedepan kerjasama ini akan terus terjalin. Hal tersebut juga disambut baik oleh kepala SMP Lematang Lestatri, Bpk Antoni, SPd. Beliua juga sangat antusias dengan kegiatan ini dan tetap akan menjalin kerjasama dengan pihak Green Corner Hidroponik sebagai sumber pembelajaran bagi peserta didik SMP Lematang Lestari.

Selanjutnya kegiatan pembelajaran dilanjutkan dengan penjelasan dan praktek tentang cara bercocok tanam dengan hidroponik mulai dari media penanaman, teknik pembibitan, nutrisi tanaman dan semua hal tentang hidroponik. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik dengan sangat antusias, karena hal ini adalah pertama kalinya mereka melihat bahwa bercocok tanam dengan sistem hidroponik.

Diakhir seluruh kegiatan di SMP Lematang Lestari memberikan sebuah kenang-kenangan sebagai ucapan terima kasih telah diberikan kesempatan untuk belajar tentang bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Pada kesempatan ini juga Green Corner Palembang juga memberikan seperangkat media untuk bercocok tanam hidroponik agar dapat mencoba langsung di sekolah kami.

Setelah selesai makan siang dan sholat Zuhur, kegiatan luar kelas ini dilanjutkan menuju ketempat kedua yaitu Gramedia World Palembang. Perjalan menuju tempat ini berjalan sesuai rencana, kami tiba tepat waktu di gedung Gramedia World Palembang dan disambut langsung oleh Manager Gramedia World Palembang Bapak Alvin. Dalam sambutannya bapak Alvin menyampaikan selamat datang kepada kami semua di gramedia terbesar di Indonesia. Beliau mengucapkan terima kasih kepada kami semua atas kunjungan ini. Beliau juga mengharapkan kerja sama ini tetap terjalin kedepannya. Harapan bapak Alvin tersebut disambut baik oleh bapak Antoni, S,Pd selaku Kepala Sekolah. Bapak Antoni mengatakan sangat senang bisa berkunjung ke Gramedia World Palembang yang merupakan Gramedia terbesar di Indonesia.

Selanjutnya setelah seremonial singkat kami semua diajak oleh bapak Alvin dan seluruh jajarannya untuk berkeliling gedung melihat isi dan hal yang dimiliki oleh Gramedia Palembang. Setelah berkeliling kami melanjutkan ke satu kegiatan yang sudah dipersiapkan dan yang ditunggu oleh para peserta didik yaitu kuis to be number one. Kuis ini adalah kuis yang diisi dengan menjawab semua pertanyaan yang sudah disediakan. Peserta yang berhasil menjawab benar berhak melanjutkan ke babak berikutnya dan yang salah akan keluar. Setelah memakan waktu penyisihan yang cukup lama akhirnya didapat tiga orang pemenang yaitu, Erika Widianti sebagai pemenang pertama, Gathan Valanka Harlis sebagai pemenang kedua dan Shabiya Maysaa Alyndra Wibawa sebagai pemenang ketiga.

Dengan pembelajaran luar kelas ini diharapkan para peserta didik mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru yang dapat berguna dikehidupan meraka di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.